BAHAYA Konstipasi Pada Ibu Hamil dan Bayi

Advertisement
advertisement
Bahaya Konstipasi

Konstipasi adalah sebuah kondisi dimana kita tidak bisa buang air besar dengan teratur, atau bahkan tidak bisa sama sekali untuk melakukannya, kalau anda hal mengalami hal tersebut, anda akan merasakan beberapa gejala terntu, diantaranya tinja anda akan menjadi keras dan juga padat yang ukurannya bisa sangat besar atau bahkan bisa jadi sangat kecil.
Penyakit ini memiliki tingkat keseriusan yang berbeda beda pada setiap pengidapnya. Ada orang yang mengalami masalah konstipasi ini dalam waktu yang relative sangat singkat, tapi juga tidak sedikit orang yang menderita penyakit ini mengidapnya dalam jangka waktu yang relative lama atau bahkan bisa juga dikatakan kronis karena tingkatnya sudah termasuk tingkat berat. Konstipasi dalam tingkat berat biasanya akan menimbulkan rasa sakit serta rasa sangat tidak nyaman yang dapat menggangku rutinitas sehari hari.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan konstipasi
Konstipasi merupakan penyakit yang sangat umum, karena penyakit ini sangat sering kita jumpi disekitar kita semua. Namun penyakit konstipsi ini berdasarkan data survey lebih banyak dialami oleh wanita dari pada para pria, terutama pada masa kehmilan. Konstipasi juga banyak menyerang orang yang sudah tua (manula), karena fleksibilitas organnya sudah mulai menurun.
Banyak sekali factor yang bisa menyebabkan penyakit ini,salah satunya adalah air putih atau air minum, kurangnya cairan yang dikonsumsi oleh tubuh menyebabkan makanan yang kita cerna menjadi lebih padat, da juga factor kurangnya serat yang kita koncumsi,  berubhnya pola makan yang kita miliki, namun konstipasi juga bisa disebabkan karena efek samping dari mengkonsumsi obat obatan tertentu ada juga sebab kondisi mental juga bisa mempengaruhi terjadinya konstipasi.
Sedangkan pada anak-anak, pola makan yang buruk, rasa cemas saat menggunakan toilet, dan masalah saat latihan menggunakan toilet bisa menjadi penyebab konstipasi.
Beberpa langkah untuk mengobati Konstipasi;
Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengobati konstipasi, berikut ini kami paparkan beberapa langkah yang dapat kita lkukn untuk menangani masalah ini:
1. Meningkatkan konsumsi serat, dengan meningkatkan serat perhari, pencernaan kita akan menjadi semakin lancar,
2. Memperbanyak konsumsi air putih, semakin banyak air yang kita konsumsi maka akan semakin lancar juga pencernaan kita,
3. Meningkatkan gaya hidup sehat, yakni dengan cara lebih sering berolah raga, apabila cara acara di atas sudah kita tempuh namun belum juga ada hasil, maka kita harus segera menemui dokter. Dengan menemui dokter maka kita akan diberikan obat pelancar yang tepat untuk kita gunakan. Selain mengubah pola makan dan gaya hidup, Anda juga bisa mengurangi risiko terkena konstipasi dengan tidak mengabaikan keinginan untuk ke toilet dan mengatur jadwal buang air besar agar bisa dilakukan dengan leluasa dan nyaman. Konstipasi sangat jarang bisa menyebabkan komplikasi, namun apabil penyakit ini sudah berjalan dalan jangka yang aman panjang, maka kita tetep harus waspada. Karena kalo kita terlalu menganggap remeh sebuah penyakitm, nantinya kita juga yan g harus menanggungnya,
4. Pendarahan yang terjadi pada rectum, pendarahan ini terjadi karena adanya pengerasan tinja, semakin keras tinj kita, maka akan semakin beresiko terkena konstipasi
5. Rasa lelah yang berkepanjangan, rasa lelah ini sangat berpengruh , karena semakin lemahny kondisi bdan kita maka akan berpengaruh pada organ pencernaan.
6. Penurunan berat badan yang sangat tidak jelas penyebabnya.

Advertisement
advertisement
BAHAYA Konstipasi Pada Ibu Hamil dan Bayi | Rois Akbar | 5

0 comments:

Post a Comment